Pesisir Tasela Harapkan Cabup Visioner

Cipatujah-Masyarakat pesisir pantai Tasela mengharapkan, Pemilukada mendatang bisa menghasilkan pasangan Bupati yang visioner (memiliki pandangan yang jauh kedepan). Antara lain menyangkut pengembangan sumber daya kelautan sekitar pantai Tasela yang sangat melimpah. Jika dikembangkan dengan serius, sektor ini diyakini mampu menyumbang PAD dalam jumlah yang fantastis. Demikian diungkapkan Dedi Mulyadi Ketua Umum HNSI DPC Tasikmalaya, kemarin.

“Bupati yang diharapkan kaum pesisir sebetulnya Bupati yang jujur dan bersih, dan berpihak pada rakyat. Juga dia harus berani menggali potensi kelautan yang sampai sekarang ekspolitasi SD Kelautan ini, masih dibawah kisaran 10 persen dari total potensi tersebut. Sisanya masih utuh. Ini akibat masih minimnya sarana dan alat tangkapnya,”katanya.

Dedi juga berani mengklaim bahwa organisasi HNSI merupakan satu-satunya organisasi profesi yang secara serius memikirkan PAD kabupaten Tasikmalaya. Sebagai gambaran sederhana, omzet nelayan Pamayangsari tiap harinya mampu menhasilkan uang sekitar 40 hingga 60 juta/hari. Penghasilan tersebut katanya, belum termasuk nelayan-nelayan lain di pelabuhan tradisional seperti pantai Cihanura Ciheras, Cimanuk, Pamoekan, Sidangkerta, dan Cipatujah.

Sementara, organisasi HNSI sendiri saat memiliki tak kurang dari sekitar 23.000 anggota. Meliputi nelayan tangkap, nelayan prasarana (bakul), ampar, nelayan ban, nelayan abur, nelayan budidaya, nelayan muara, dan sebagainya. Mereka tersebar di sepanjang 54,2 km garis pantai Tasela, meliputi 3 wilayah kecamatan dengan 11 desa pesisir.

“Masalah peningkatan PAD harus menjadi salah satu kebijakan Bupati mendatang. Karena sebetulnya wilayah kita sangat kaya raya, khususnya S Samudera Hindia yang teramat luas ini yang perlu kita gali. Kita kedepan bisa jaya dari sektor perikanan laut,”katanya. (kanjengyusuf)

Foto: Dedi Mulyadi Ketua HNSI DPC Tasikmalaya (kiri) dan Didi S (kanan) Ketua Rukun Nelayan (RN) Pamayangsari

Tentang karangnunggalonline

jurnalis sosialis religius
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s